Kunci sukses beternak lalat BSF pahami dahulu siklus hidup nya

Kunci sukses beternak lalat BSF pahami dahulu siklus hidup nya

 
Zonadetik2.blogspot.com
Zonadetik2.blogspot.com 

Jika kalian ingin memulai usaha peternakan lalat BSF tetapi tidak tahu harus mulai dari mana karena memulai sesuatu tanpa tahu cara yang benar maka bukan tidak mungkin usaha yang kita lakukan pasti tidak akan berjalan dengan lancar atau gagal. Nah sebelum kalian mulai usaha budidaya lalat BSF Mak kalian harus tahu betul bagaimana siklus hidupnya, di sini saya ingin berbagi ilmu bagaimana memahami siklus hidup lalat yang satu ini ,siklus lalat BSF atau lalat buah di bagi menjadi 7 bagian  diantara-Nya sebagai berikut.

1.lalat BSF mulai kawin 
Saat lalat bsf mulai kawin di alam mereka membutuhkan waktu 2-3 hari, setelah lalat BSF jantan kawin maka dia akan mati sedangkan untuk betinanya sendiri akan mati setelah bertelur jadi jangan heran jika nanti kalian menemukan lalat BSF mati di dalam kandang budidaya.

2.telur lalat BSF 
Siklus selanjutnya setelah lalat betina BSF bertelur maka telur lalat tersebut memerlukan waktu untuk menetas 3-4 hari jadi jangan heran jika telur lalat tersebut lama menetasnya, lalat BSF sendiri dalam satu kali bertelur bisa menghasilkan 500-900 butir telur, menakjubkan bukan.

3.bayi larva BSF 
Setelah 3-4 hari telur lalat BSF akan menetas menghasilkan bayi-bayi larva lalat BSF yang mempunyai ukuran kurang dari 1mm yang sangat sulit terlihat oleh mata di hari pertama.

4.larva dewasa 
Siklus selanjutnya adalah larva dewasa setelah 18-21 hari yang mempunyai ciri-ciri putih kecokelatan dan terdapat bulu-bulu halus di sekujur tubuhnya dan berbentuk agak pipih, sebenarnya usia 15 hari larva lalat BSF atau mangot bisa di panen dan di berikan langsung ke hewan ternak baik ungas atau ikan.

5.prepupa 
Siklus selanjutnya adalah prepupa yang mempunyai ciri-ciri pisik hitam berbulu  setelah masuk siklus ini larva tidak akan makan dan mulai mencari tempat kering untuk masuk proses selanjutnya.

6.pupa 
Setelah larva menjadi prepupa siklus selanjutnya akan masuk menjadi pupa dimana larva sudah tidak bergerak 7 hari -1 bulan lamanya hingga menjadi lalat BSF.

7.menjadi lalat BSF 
Setelah menjadi lalat BSF yang mempunyai umur hidup 7-14 Sampai dengan lalat tersebut kawin lalat ini juga tidak makan selama hidupnya dan hanya minum saja.

Nah itulah sedikit penjelasan  singkat siklus hidup lalat BSF atau lalat buah yang bagus untuk pertumbuhan hewan ternak baik unggas maupun ikan bila kalian kurang mengerti penjelasan di atas bisa tanyakan di kolom komentar.

You may like these posts