Macam-macam jenis masker yang ada di pasaran

Macam-macam jenis masker yang ada di pasaran

Masker
ilustrasi 

Macam-macam jenis masker yang ada di pasaran
Merebaknya virus Corona di berbagai belahan dunia menyebabkan kita harus bisa menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan agar tidak terinfeksi dengan virus ini,penuraran yang sangat cepat dari virus ini salah satunya melalui udara dan droplet atau air liur mengharuskan kita selalu memakai masker jika ingin melakukan kegiatan di luar rumah yang harus di gunakan bagi orang sakit atau sehat, memang sih di pasaran sendiri banyak beredar berbagai jenis masker baik yang sekali pakai maupun yang bisa di gunakan- berulang kali, tetapi sebelum kita membeli dan menggunakan masker ,alangkah baiknya kita mengetahui berbagi jenis masker yang di jual bebas di pasaran dan seberapa amankah masker tersebut untuk menghalau virus.

1.masker kain 


Di urutan yang pertama ada masker kain masker jenis ini memang tidak seefektif masker yang lainya untuk menghalau virus yang hanya bisa menyaring partikel virus hingga 70%,tetapi masker jenis ini adalah masker yang banyak di gunakan oleh masyarakat selain mudah di dapat masker jenis ini harganya terjangkau dan juga bisa di gunakan berulang-ulang asalkan kita rajin membisikannya minimal kau sudah basah akibat pemakaian segaralah cuci.

2.masker bedah 


Masker bedah atau bisa juga di sebut surgical mask adalah  salah satu jenis masker medis yang sering dipakai oleh petugas medis yang banyak kita liat di rumah sakit dan tempat kesehatan lainnya.
Jenis masker ini biasanya digunakan saat perawatan atau sesi operasi untuk mencegah penyebaran bakteri melalui percikan droplet (air liur) atau lendir yang bisa menghalau virus hingga 80%.susunan bahan masker jenis ini terdiri dari tiga lapisan yang bersifat anti air dan berfungsi memfilter kuman.
Kelebihan dari masker ini  cocok serta mudah  digunakan setiap hari,  kalau ada kelebihan pasti ada kekurangan nya  disarankan untuk megganti setelah sekali pakai atau ketika sudah basah akibat penggunaan. Masker bedah dapat dibeli dengan harga Rp 6.000 – Rp 369.000.

3.masker gas 


Di urutan jenis masker selanjutnya adalah Masker gas yang dapat  digunakan sebagai pelindung diri dari gas dan uap yang berbahaya bagi tubuh sangat efektif digunakan untuk pencegahan penyebaran virus salah satunya covid-19. Masker jenis ini menggunakan filter yang  dapat menyaring partikel bahan kimia.  jenis ini sangat jarang di gunakan oleh masyarakat biasa dan  umum nya sering di gunakan oleh pemadam kebakaran, kekurangan dari jenis masker ini tidak bisa menyaring partikel udara jika tidak dilengkapi filter untuk menghalaunya, sangat tidak cocok di gunakan untuk keperluan sehari-hari.

4. Masker N95


Jenis Masker N95 merupakan tipe masker yang sang bagus di gunakan untuk mencegah virus,kkeunggulan dari  masker ini dapat menyaring  virus dan kuman hingga 95%. Selain itu, masker anti virus ini dapat mencegah partikel PM 2.5 (berukuran 2.5 mikrometer).
Ukuran partikel tersebut sering terdapat di udara dan menyebabkan deposit plak pada hidung, paru-paru,  bahkan pembuluh darah arteri. Sisi tepi  dari bagian masker N95 lebih rapat di bandingkan jenis masker lainya sehingga partikel dan bakteri tidak mudah masuk maupun keluar. Tetapi kekurangannya karena kerapatannya masker N95 tidak cocok untuk digunakan sehari-hari karena kerapatannya membuat sulit bernapas. Harga dari masker ini kisaran antara Rp 30.000 – Rp 135.000.

5.masker P100


Huruf dan angka  yang tercantum pada masker P100 sebagai tipe paling unggul diantara jenis masker kesehatan lainnya. Masker p100 bisa melindungi dari 99.97% berbagai jenis partikel di udara dengan intensitas paling tinggi dengan penggunaan yang tepat. Dan Beberapa masker P100 dilengkapi dengan filter yang dapat diganti setelah 40 jam total penggunaan atau setelah dibuka 30 hari. kisaran harga dari masker ini memang sangat mahal karena mempunyai kualitas yang tinggi antara Rp 265.000- Rp 500.000.

6. masker R100


Diantar deretan jenis masker media lainya inilah yang paling efektif menyaring partikel virus dan baterai yang ada di udara hingga  hampir 100%  Tak jauh beda dengan masker anti virus lainnya, masker R100 memiliki permukaan anti-mikroba, sebenarnya pernapasan kita yang hangat dapat membentuk sarang kuman pada permukaan masker tersebut menjadi fungsi manset ini kurang efektif tapi jangan khawatir supaya kinerja masker ini maksimal Sebaiknya mengganti masker ini setelah 8 jam pemakaian.

7.masker N99


Di urutan Masker selanjutnya ada Masker N99 memiliki ciri  yang  hampir mirip dengan N95, perbedaannya masker N99 dapat menyaring 99% dari partikel PM 2.5 yang berbahaya. Dengan kata lain masker N99 lebih baik di banding masker N95 melindungi kita dari bakteri dan virus seperti salah satunya covid-19.masker jenis ini mempunyai beberapa varian tapi alangkah lebih baiknya pilihlah yang mempunyai dua buah katup (double-valve) untuk sirkulasi udara yang lebih baik yang memudahkan kita untuk bernapas. masker jenis ini umumnya sering di gunakan oleh tenaga medis yang menangani penyakit tuberkulosis dan virus flu lainnya,masker jenis ini terbuat dari bahan  Dengan pemakaian hanya sekali pakai sama Hany dengan masker media yang sering kita jumpai. Dan di pasaran sendiri di jual dengan kisaran harga antar RP 50.000 – Rp 32.000

Nah bagaimana menurut kalian di antara deretan jenis-jenis masker di atas manakah yang akan kalian gunakan untuk menjaga kesehatan di tengah virus yang sedang merebak di mana-mana termasuk Indonesia, tapi menggunakan masker saja tak cukup kita juga harus menerapkan protokol kesehatan supaya tak terinfeksi virus selain yang menggunakan masker, jaga jarak,mengunakan pelindung muka juga sangat di sarankan dan selalu membawa handsanitaizer jika ingin bepergian ke luar rumah.
Baca juga artikel lainya dari blog ini 

You may like these posts