Mengenal tentang definisi rantai makanan

Mengenal tentang definisi rantai makanan

Rantai makanan
Rantai makanan

Mengenal tentang definisi rantai makanan, definisi atau pengertian Rantai makanan adalah perpindahan energi makanan dari sumber daya tumbuhan melalui seri organisme atau melalui jenjang makan. 
Rantai makanan merupakan bagian dari jaring-jaring makanan, di mana rantai makanan bergerak secara linear dari produsen ke konsumen teratas. Panjang rantai makanan ditentukan dari seberapa banyak titik yang menghubungkan antar tingkatan. 

Awal penelitian tentang rantai makanan
Rantai makanan pertama kali diteliti oleh ilmuwan Arab Al-Jahiz pada abad ke-9, setelah itu  dipopulerkan kembali oleh Charles Sutherland Elton pada tahun 1927.

Macam-macam rantai makanan
Dalam rantai makanan terdapat tiga macam rantai pokok yang menghubungkan antar tingkatan.

1.Rantai pemangsa, adalah rantai makanan yang terjadi ketika hewan pemakan tumbuhan dimakan oleh hewan pemakan daging, contoh: tikus-ular-elang.
2.Rantai saprofit adalah rantai makanan yang terjadi untuk mengurai organisme yang sudah mati. Rantai ini muncul karena adanya dekomposer, contoh: elang mati-bakteri.
3.Rantai parasit adalah rantai makanan yang terjadi karena terdapat organisme yang dirugikan, contoh: pohon besar- bunga anggrek atau parasit, manusia-kutu.

Tipe-tipe rantai makanan
1.Rantai makanan rerumputan (grazing food chain), adalah rantai makanan yang diawali dari tumbuhan pada trofik awalnya, Contohnya: rumput - belalang - katak - ular.

2.Rantai makanan sisa/detritus (detritus food chain), adalah rantai makanan yang tidak dimulai dari tumbuhan, tetapi dimulai dari detritivor, Contohnya: daun kering - cacing tanah - ayam - manusia.

3.Pada lingkungan laut dalam, banyak organisme yang hidup dari runtuhan materi organik "salju lautan" yang merupakan akumulasi feses dan/atau sisa tubuh hewan yang hidup di dekat permukaan laut, Rantai makanan di tempat tersebut umumnya relatif pendek.

4.Pada ekosistem yang unik, contoh pada ventilasi hidrotermal, produsen merupakan bakteri kemosintetik yang mampu mengubah hidrogen sulfida menjadi energi kimia dan bersimbiosis dengan cacing tabung, Cacing lalu dimakan ikan yang kemudian dimakan oleh gurita.

Perbedaan antara rantai Makanan dan jaring-jaring makanan 

Pada rantai makanan organisme hanya memakan satu jenis organisme saja, sedangkan pada jaring- jaring makanan organisme memakan organisme lainnya yang tidak hanya satu jenis saja,
Jaring- jaring makanan akan menimbulkan banyak rantai makanan yang terhubung satu sama lain dalam bentuk jaring laba-laba.

Sekian dulu tentang pembahasan definisi rantai makanan,baca juga artikel menarik lainnya dari blog ini semoga bermanfaat bagi kalian.

You may like these posts