Misteri gunung Tidar sebagai paku buminya pulau Jawa dan misteri di dalamnya

Misteri gunung Tidar sebagai paku buminya pulau Jawa dan misteri di dalamnya

 
Zonadetik2.blogspot.com
Gunung Tidar 

Perlu sobat pembaca ketahui gunung Tidar berada di tengah-tengah pulau Jawa tepatnya berada di kabupaten Magelang Terletak di ketinggian 503 mdpl gunung ini tak seperti gunung- gunung lainnya yang ada di Indonesia, penampakan dari gunung ini lebih mirip  di sebut bukit daripada gunung karena sangat kecil, nama gunung ini berasal dari gabungan dua kata Mati dan Modar. Konon  mistis dari Gunung Tidar kalau ada yang berkunjung ke gunung ini kalau tidak mati ya modar. Selain itu ada sejarah di bagian gunung ini, Di Lembah Gunung Tidar terdapat Akademi Militer yang di kenal Kawah Candradimuka yang mencetak perwira pejuang Sapta Marga, berdiri sejak 11 November 1957. Selain itu cerita yang paling terkenal dari gunung ini adalah legenda tentang pertempuran Sabdo Palon dan Syekh Subakir.

Cerita singkatnya Suatu ketika datang utusan berilmu tinggi dari daratan Persia yang bertujuan mensucikan Pulau Jawa dari kesesatan dengan menyebarkan agama Islam di pulau Jawa, utusan tersebut tidak lain adalah  Syekh Subakir, Syekh Subakir terlebih dahulu menancapkan sebuah tombak raksasa di Gunung Tidar untuk menyeimbangkan Pulau Jawa sekaligus mengusir jin-jin yang terlanjur berkuasa menyesatkan manusia. Masyarakat Jawa sangat meyakini bahwa Gunung Tidar adalah paku bumi yang menyeimbangkan Pulau Jawa.
 
Konon, dahulu Pulau Jawa berbentuk menyerupai perahu yang bergejolak dan dapat sewaktu-waktu terbawa arus laut dan pada dahulu kala masyarakat pulau Jawa memang di kenal sangat sakti dan berilmu Kanuragan tinggi   karena mereka bersekutu dengan jin yang sebenarnya menyesatkan mereka, itu mengapa di utuslah Syekh Subakir,
Setelah Tombak berhasil tertancapkan seketika bangsa jin  yang berada di gunung Tidar terusir dan melarikan diri ke wilayah utara serta selatan Pulau Jawa. Sabdo Palon sebagai pengasuh Pulau Jawa kemudian menampakkan diri dan menantang bertarung Syekh Subakir. Konon Perkelahian berlangsung seri, Syekh Subakir pun menjelaskan bahwa maksud kedatangannya ke pulau Jawa, Sabdo Palon pun memahami dan memberikan ijin atas niat yang akan dilakukan oleh Syekh Subakir.

selain mempunyai cerita legenda nya tersendiri di gunung Tidar juga terdapat 
kawasan wisata  tak biasa, Gunung Tidar memiliki area pemakaman yang selalu ramai oleh peziarah yang ingin mengirimkan doa-doa kepada para alim ulama yang dimakamkan seperti makam Syekh Subakir, Syekh Jangkung, dan Kyai Semar. Terdapat juga makam Kyai Sepanjang, tombak yang digunakan oleh Syekh Subakir untuk menaklukkan Pulau Jawa konon makan tersebut memiliki panjang mencapai...meter.

Nah bagaimana menurut sobat pembaca 
Tentang Misteri gunung Tidar sebagai paku buminya pulau Jawa dan misteri di dalamnya, masih banyak cerita dan legenda yang tersebar di Indonesia hampir serupa pelosok Indonesia mempunyai ceritanya tersendiri.

You may like these posts