Resep cara membuat Ayam bekakak orang sunda

Resep cara membuat Ayam bekakak orang sunda

Ayam bekakak 

Resep cara membuat Ayam bekakak orang sunda-banyak sekali di luaran sana olahan makan yang berbahan utama ayam selain menggiurkan olahan ayam yang satu ini sering sekali di gunakan di acara hajatan dan pernikahan masyarakat sunda, ayam yang di gunakan pun bukan sembarangan melainkan ayam kampung yang mempunyai rasa yang gurih di bandingkan dengan daging ayam potong biasa walaupun tekstur dari ayam kampung agak alot itu dikarenakan agama ini sering berolahraga haaa.di sini Mimin akan membagikan sedikit resep cara membuat ayam bekakak yang bikin ngiler berikut caranya.

Bahan-bahan
*1 ekor ayam kampung, yang sudah di bersihkan lalu belah dadanya jangan sampai putus
*500 ml air
*5 siung bawang putih
*2 sdm garam
*3 cm kunyit
*8 siung bawang merah
*4 butir kemiri sangrai
*4 cm jahe
*1 sdm garam
*1 sdt ketumbar sangrai
*6 siung bawang putih
*Minyak 


Cara pembuatan
1.Pertama rendam terlebih dahulu ayam dalam bahan perendaman air 500ml,2sdm garam, 5 siung bawang putih dan 3cm kunyit yang dihaluskan baik menggunakan blender maupun di ulek tapi lebih enak kau di ulek, biarkan selam 30 menit sampai bumbunya meresap ke seluruh bagian ayam.

2.Setelah 30 menit ayam direndam langkah selanjutnya tumis bumbu yang dihaluskan yaitu 8 siung bawang merah,4 butir kemiri sangrai,4 cm jahe,1 sdm garam,1 sdt ketumbar sangrai,6 siung bawang putih .masukan daging beserta air rendamannya, aduk sampai rata.

3.Masak hingga daging ayam empuk dan kuah sampai habis, jika dirasa daging belum empuk masih alot bisa ditambahkan air panas secukupnya supaya empuk.

4.Setelah ayam di masak dan empuk, bakar lah diatasi bara api sambil diolesi dengan sisa bumbu  yang ada supaya lebuh gurih jangan lupa kipasin  juga agar panasnya merat sampai berwarna kecokelatan kira-kira 20 menit tapu kalau tak mau repot bisa juga gunakan oven di kisaran suhu 179'c dengan waktu yang sama. 

Nah itulah sedikit resep bagai mana cara membuat Ayam bekakak orang sunda yang gurih dan nikmat alazonadetik2 sekian dulu resep kali ini tunggu resep selanjutnya dari blog ini 
Jangan lupa baca juga artikel lainya.



You may like these posts