Sejarah tentang rendang masakan terlezat di dunia

Sejarah tentang rendang masakan terlezat di dunia

Rendang


Zonadetik2-siapasih yang tak kenal dengan olahan masakan daging yang satu ini yaitu rendang ,rendang sendiri merupakan masakan daging sapi pada umumnya yang di masak pada api kecil dalam waktu yang lama ,masakan rendang sendi menggunakan banyak rempah rempah di dalamnya itu mengapa masakan Minang ini sangat di gemari,selaain mempunyai rasa yang kaya akan rempa olahan daging rendang sendiri begitu empuk itu karena cara memasaknya menggunakan api kecil dalam waktu yang  lama .

Olahan daging sapi bisa di katakan rendang jika di masak Dengan waktu berjam-jam , rata-rata  4 jam hingga yang tersisa hannyalah potongan daging berwarna hitam pekat serta dedak.
Rendang sendiri dapat bertahan Dalam suhu ruangan Sampai berminggu-minggu. 
Jika Rendang yang dimasak dalam waktu sebentar serta santannya belum mengering disebut kalio, berwarna cokelat terang keemasan ,jadi jangan sampai ke tukar antara rendang dan kalio walaupun sama-sama olahan daging sapi karena cara memasaknya yang berada.

Tapi tahukah kamu bagaimana sejarah masakan rendang itu sendiri sehingga bisa di gemari oleh banyak orang.


Dilansir dari Wikipedia,asal usul rendang berasal dari Sumatra, khususnya Minangkabau, Bagi masyarakat Minang, rendang sudah ada sejak dahulu serta telah menjadi masakan tradisi yang dihidangkan dalam berbagai acara adat dan hidangan keseharian.
Sebagai masakan tradisi, rendang di perkirakan telah ada sejak orang Minang menggelar acara adat pertamanya, Kemudian seni memasak ini berkembang ke kawasan serantau berbudaya Melayu lainnya; mulai dari Mandailing, Riau, Jambi, hingga ke negeri seberang di Negeri Sembilan yang banyak dihuni perantau asal Minangkabau. Oleh sebab itu rendang dikenal luas baik di Sumatra dan Semenanjung Malaya.

Menurut Sejarawan Universitas Andalas, Prof. Dr. Gusti Asnan, rendang telah menjadi masakan yang tersebar luas sejak orang Minang mulai merantau dan berlayar ke Malaka untuk berdagang pada awal abad ke-16.h ala yang membuat rendang jadi makan favorit karena rendang kering sangat awet, tahan disimpan hingga berbulan lamanya, sangat cocok untuk bekal di perjalanan sewaktu merantau.

Rendah Selin di kenal di Nusantara juga sudah di kenal sampai ke mancanegara seperti Amerika dan negara Eropa lainnya karena enakkannya hingga rendang dinobatkan sebagai hidangan yang menduduki peringkat pertama daftar World's 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) versi CNN International tahun 2011.

Selain dinobatkan Sebagai makanan terlezat rendang pernah di gunakan Sebagai barang bantuan yang dikirimkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatra Barat sebagai bantuan pangan bagi korban bencana di daerah lain yang di lakukan pertama kali pada tahun 2016 saat terjadi gempa bumi di Pidie Jaya, Aceh dan dilakukan pula pada gempa bumi Lombok 2018.

Itulah Sejarah tentang rendang masakan kaya rempah yang terlezat di dunia yang mengatakan pizza Italia dan olahan daging sapi lainya.
Baca juga artikel lainnya dari blog ini semoga bermanfaat bagi kita semua.


You may like these posts