Sejarah bola voli ,siapa orang penciptanya dan dari mana asal permainan ini.

Sejarah bola voli ,siapa orang penciptanya dan dari mana asal permainan ini.

Sejarah bola voli ,siapa orang penciptanya dan dari mana asal permainan ini.

Ilustrasi 


Zonadetik2.blogspot.com Bagi kalian yang hobi berolahraga pastinya tak asing dengan permainan yang satu ini selain di gemari di Indonesia permainan ini banyak sekali di pertandingan di sekolah- sekolah maupun pertandingan resmi yang merebutkan hadiah besar.taukah kalian siapa kah orang yang menciptakan permainan ini dan dari mana permainan ini berasal, simak penjelasan nya.
Permainan Bola Voli adalah permainan yang diciptakan oleh seorang yang bernama William G. Morgan pada tahun 1895 sebelumnya awal pertamanya nama permainan bola voli tidak seperti yang kita kenal saat ini melainkan  nama awalnya  minitonette yang sekarang kita kenal sebagai Volley Ball atau Bola Voli. peraturan permainan ini sendiri sangat sederhana,
Permainan ini sendiri dapat dimainkan di lapangan indoor atau pun outdoor dengan ukuran 18×9 meter dengan net untuk putra 2,43 meter dan putri 2,24 meter.w walaupun permainan ini mudah lain ceritanya jika orang yang baru belajar bermain permainan ini, karena untuk mempelajari permainan ini biasanya kita harus menahan sakit terutama di tangan  untuk melakukan pukulan dan kita juga harus mempelajari teknik-teknik dasar terlebih dahulu dari permainan ini yang tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat.
Perlu kalian ketahui  permainan bola voli  ini adalah kombinasi dari 4 permainan bola besar yaitu bola basket,baseball,tenis, dan bola tangan (handball).William G. Morgan Sebagi orang yang mencatatkan permainan ini dia bertemu dengan James Naismith yang merupakan orang yang menciptakan cabang olahraga bola basket. Beliau lahir pada tanggal 6 November 1861, dan meninggal dunia pada tanggal 28 November 1939. James Naismith  mengabdikan seluruh hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani sama dengan bidang yang di geluti William G. Morgan.
William G Morgan menciptakan olahraga Mintonette atau bola voli empat tahun setelah ditemukannya permainan bola basket oleh James Naismith.
Ceritanya permainan yang di ciptakan William G. Morgan ini diperuntukkan bagi para anggota YMCA (Young Men’s Christian Association) pada tanggal 9 Februari 1985 yang sudah tidak muda lagi, olahraga ini dibuat tidak seaktif permainan bola basket yang diciptakan oleh James Naismith Karen olahraga bola voli di peruntukan bagi orang yang sudah berumur.
Permainan ini dimainkan oleh dua grup yang saling berlawanan, Setiap grup yang bertanding terdiri dari enam pemain. Permainan ini pun mempunyai peraturannya tersendiri diantara-Nya.


*Lapangan bola voli berbentuk persegi panjang dengan panjang 18 m dan lebar 9 m dengan lebar garis 5 cm
*Jaring net memiliki panjang 9,5 meter, lebar 1 meter dan lebar mata jaring 10 cm. *Tinggi net berbeda untuk permainan putra dan putri, untuk putra tinggi net 2,43 meter sedangkan net putri setinggi 2,24 meter.
*Bola voli berdiameter 65 – 67 cm dengan berat 250 – 280 gram. Tekanan udara berkisar 0,48 – 0,52 kg/cm2. Bola voli terbuat dari kulit yang lunak atau bahan lainnya yang sejenis.
*Pemain bola voli harusnya mengenakan pakaian olahraga dengan nomor punggung dan dada, celana olahraga dan sepatu olahraga.
*Jumlah pemain dalam satu tim berjumlah enam orang
*Dalam sebuah tim, ada empat peran penting yaitu tosser atau settler, spiker atau smasher, libero dan defender atau pemain bertahan.
*Pergeseran pemain dalam permainan bola voli harus searah jarum jam. Bila salah satu tim memenangkan permainan, maka seluruh pemain dalam tim berhak untuk berpindah posisi (bergeser searah jarum jam)
*Lama permainan bola voli bergantung pada pencapaian jumlah poin (15 poin). Kecuali bila terjadi deuce (skor sama) yaitu 14:14 atau mungkin 24:24
*Pemenang permainan bola voli ialah yang memenangkan dua set langsung atau pun dalam tiga set dua kali menang
*Jalannya pertandingan dipimpin oleh seorang wasit dan empat orang penjaga garis serta seorang pencatat skor.


sejarah mencatat permainan bola voli berasal dari negara Amerika Serikat, tepatnya dari daerah Hoyloke, Massachusetts. Faktor yang membuat nama permainan Mintonette menjadi bola voli atau volleyball adalah pada tahun 1896 pada saat demonstrasi pertandingan pertama di Internationa YMCA Training School.


Morgan menjelaskan permainan ini dapat dimainkan di dalam atau luar ruangan oleh banyak pemain atau dua tim. Saat permainan Mintonette belum di rubah menjadi volleyball , tidak ada batasan jumlah pemain yang menjadi standar. Sasaran dari permainan ini adalah untuk mempertahankan bola dan bergerak melewati net yang tinggi ke wilayah lawan. Tidak seperti permainan bola besar lain, permainan bola voli tidak memiliki batasan waktu. Dalam permainan ini, pemenang adalah tim atau regu yang terlebih dahulu  mengumpulkan poin atau angka hingga 25 yang disebut juga dengan rally point. Penentuan tim pemenang menggunakan sistem two winning set atau Three winning set.


Nah itulah Sejarah bola voli sipa orang penciptanya dan dari mana asal permainan ini pastinya dengan membaca artikel kali ini pengetahuan kalian khususnya permainan bola voli semakin bertambah,samapai bertemu lagi di artikel lainya dari blog ini.



You may like these posts